Tugas Softskill 1 Semester 4.
WEB SCIENCE
1.
Pre-Web
(Memex, Hypertext, usenet, ftp dan Gopher)
3.
Pertumbuhan
Sosial dan Ekonomi
4.
Web
Science dan metodologi
Adalah
pembahasan dari sistem socio-technical dalam skala besar, contohnya WWW (World
Wide Web). Web science ini mempunyai hubungan yang sangat erat antara manusia
dan teknologi karena setiap manusia memerlukan teknologi untuk saling
berkomunikasi ataupun menjalin suatu hubungan dengan manusia lainnya.
Menurut Ben Shneiderman (ahli sains
komputer asal Amerika) mengatakan “ Web Science adalah pengolahan informasi
yang tersedia di web dalam hal yang sama dengan
yang diterapkan di lingkungan alam.
Dalam perkembangannya, sejarah dari web sendiri dibagi
menjadi 4, yakni :
1.
Pre-Web
(Memex, Hypertext, Internet, Usenet, Ftp, dan Gopher).
Pre-web ini adalah masa dimana sebelum
muncul nya web 1.0. Apa itu web 1.0 ? lihat pada sub materi nomor 2. Macam-macam
contoh dari pre-web :
Ø Memex
Nama memex sendiri adalah singkatan
antara memori dan index. Artinya ini adalah nama hipotesis proto-hypertext system
yang Vannevar Bush (siapakah beliau? Klik ini) jelaskan pada tahun
1945 (wah tahun pas Indonesia merdeka nih….) pada artikel bulanan The Atlantic
" As We May Think "(AWMT). Bush membayangkan memex sebagai perangkat
di mana individu akan mengkompres dan menyimpan semua buku-buku mereka,
catatan, dan komunikasi, "mekanis sehingga dapat berkonsultasi dengan
melebihi kecepatan dan fleksibilitas." The memex akan memberikan
"suplemen intim yang diperbesar ke memori seseorang". Konsep memex
mempengaruhi perkembangan awal hypertext sistem (akhirnya mengarah ke
penciptaan World Wide Web ) dan basis pengetahuan personal software.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjkzwcSaomkQsLfk4A5nQCp-UD_PHl3q_rTdC-1-zI8BsIPnjgFYAFk6dwJglXIfuwbeMYy0J-JgXtqyuJ1tp5he4Iwuim8cl-vRccBGX_x5S-9n6YQG3xi1h3FRbR55eEA_bMPT6U1Ch0a/s320/the+memex+%2528+hypertext%2529.jpg) |
( ini adalah gambar Hypotetical Device yang dijelaskan pada tahun 1945) |
Ø HyperText
Adalah
suatu Cara antarmuka untuk menampilkan dokemen, yaitu dapat bercabang ke
dokumen lain, menurut definisi awal hypertext berarti “ branch or perform on
request” yang artinya bercabang atau melaksanakan saat diminta. Yang paling
banyak digunakan dalam dunia komputer adalah penelusuran antar dokumen yang
disebut hyperlink.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjw110LxJwHScq-3qLSVJ1l-BinXa_9avcFwz7bF0HJ7Yqw0xQx_jyY2lcUMto0ICaAUmb9-txXJF35lsqa3BVniAhC5EPLnPiR2JmrGwNWNqoTwoH2lbppS688XS1_uECh2QSd3wAs9JC3/s320/BasicHypertext.jpg) |
(Basic Hypertext)
Markup language merupakan kombinasi antara text
dan informasi tambahan mengenai text. Informasi tambahan tersebut, misalnya
struktur teks atau bentuk tampilan yangt diekspresikan dalam bentuk markup
(tanda) yang menyatu dengan text utama. Markup language paling modern yang
digunakan saat ini adalah HTML ( hypertext markup language ) yang merupakan
salah satu basis dari World Wide Web.
(Chemical Markup Language)
Hypertext Markup Language adalah markup language
yang dirancang untuk pembuatan halaman web yang mengandung hypertext dan
informasi lain yang akan ditayangkan oleh browser. HTML digunakan untuk membuat
informasi terstruktur, mudah dipahami. Pada prinsipnya HTML merupakan standart
bahasa yang digunakan untuk mengatur format tampilan document web, menambahkan
object-object seperti image, audio, video dan juga java applet dalam dokumen
HTML, mendukung hyperlink antar dokumen. Dokumen HTML dapat diakses oleh
browser berdasarkan urlnya, yaitu sebuah spesifikasi standar untuk menunjukan
lokasi suatu resource diinternet yang disebutkan pada browser.
Ø Usenet
Usenet merupakan
singkatan dari User Network yang merupakan sistem diskusi Internet yang
terdistribusi secara global. Sistem ini dikembangkan dari arsitektur serbaguna
UUCP dari nama yang sama.
Mahasiswa
pascasarjana Universitas Duke bernama Tom Truscott dan Jim Ellis mencetuskan
idenya pada tahun 1979 untuk selanjutnya membangun sistem ini pada tahun 1980.
Pengguna membaca dan mengirim pesan umum (disebut artikel atau posting, dan
secara kolektif disebut berita) ke satu kategori atau lebih yang disebut
newsgroup. Usenet menyerupai Bulletin Board System (BBS) dalam banyak hal, dan
merupakan awal dari berbagai forum Internet yang banyak digunakan saat ini,
secara kasar dapat dianggap sebagai hibrida antara surat elektronik dan forum
web.
Ø
FTP
File Transfer
Protocol (FTP) adalah protokol jaringan standar yang digunakan untuk
mentransfer file dari satu host ke host lain melalui jaringan berbasis TCP,
seperti Internet.
FTP dibangun pada arsitektur client-server dan
menggunakan kontrol terpisah dan sambungan data antara klien dan server [1] FTP
pengguna dapat mengotentikasi sendiri menggunakan sign-in yang jelas-teks
protokol, biasanya dalam bentuk username dan password. , tetapi dapat terhubung
secara anonim jika server dikonfigurasi untuk memungkinkan itu. Untuk transmisi
aman yang menyembunyikan (enkripsi) username dan password, dan mengenkripsi
konten, FTP sering diamankan dengan SSL / TLS ("FTPS"). SSH File
Transfer Protocol ("SFTP") kadang-kadang juga digunakan sebagai
pengganti, tetapi teknologi yang berbeda.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhT5Xz47UsEDAOQuFrV59THSRcZWSxi0H13UpnWM5ZtYdrtqECnamow248ZGyqiYnD8YEx-yHynMb7YH9SiaM-ll9DCC5As-UpguPdwk1Sh1EQaqa7RnveA2Pw1_jr5YggB_8GkdxPJa6Fn/s320/shop-drawings-ftp.jpg)
Aplikasi FTP
client pertama adalah baris perintah aplikasi yang dikembangkan sebelum sistem
operasi memiliki antarmuka pengguna grafis, dan masih dikirimkan dengan Windows
kebanyakan, Unix, dan sistem operasi Linux. [2] [3] Puluhan klien FTP dan
utilitas otomatisasi telah sejak dikembangkan untuk desktop, server, perangkat
mobile, dan perangkat keras, dan FTP telah dimasukkan ke dalam ratusan aplikasi
produktivitas, seperti editor halaman Web. Ada beberapa metode aman mentransfer
file yang telah disebut "Secure FTP" pada satu titik atau lain.FTP dapat
berjalan dalam mode aktif atau pasif, yang menentukan bagaimana koneksi data
didirikan. Dalam modus aktif, klien membuat koneksi kontrol TCP ke server dan
mengirimkan server alamat IP klien dan jumlah klien port dan kemudian menunggu
sampai server memulai koneksi data melalui TCP ke alamat IP client dan nomor
client port. Dalam situasi di mana klien berada di belakang firewall dan tidak
dapat menerima koneksi masuk TCP, mode pasif dapat digunakan. Dalam modus ini,
klien menggunakan koneksi kontrol untuk mengirim perintah PASV ke server dan
kemudian menerima alamat IP server dan nomor port server dari server klien yang
kemudian digunakan untuk membuka koneksi data dari port klien untuk alamat IP
server dan nomor port server menerima. Kedua mode yang diperbarui pada bulan
September 1998 untuk mendukung IPv6. Perubahan lebih lanjut diperkenalkan ke
mode pasif pada waktu itu, update ke modus pasif diperpanjang.
Ø
Gopher
Gopher merupakan TCP / IP Application layer protokol yang
didesain fasilitas untuk memudahkan pencarian, penarikan, dan pengambilan
informasi dari server yang mendukung protocol Gopher melalui internet.
Protokol Gopher (pron.: / ɡoʊfər /) adalah
aplikasi TCP / IP protokol lapisan yang dirancang untuk mendistribusikan,
mencari, dan mengambil dokumen melalui Internet. Sangat berorientasi pada
desain menu-dokumen, protokol Gopher disajikan alternatif untuk World Wide Web
dalam tahap awal, tapi akhirnya HTTP menjadi protokol yang dominan. Ekosistem
Gopher sering dianggap sebagai pendahulu yang efektif dari World Wide Web.
Diciptakan oleh tim yang dipimpin oleh Mark P.
McCahill di University of Minnesota, protokol ini menawarkan beberapa fitur
tidak didukung oleh native Web dan menerapkan hirarki yang lebih kuat pada
informasi yang tersimpan di dalamnya. Teks antarmuka menu yang mudah digunakan,
[1] dan cocok untuk lingkungan komputasi yang sangat bergantung pada remote
berorientasi teks terminal komputer, yang masih umum pada waktu penciptaan pada
tahun 1991, dan kesederhanaan protokol yang difasilitasi berbagai implementasi
klien. Gopher revisi yang lebih baru dan klien grafis menambahkan dukungan
untuk multimedia. Gopher disukai oleh banyak administrator jaringan untuk
menggunakan sumber daya jaringan yang lebih sedikit dibandingkan layanan Web.
2.
Web
1.0 , Web 2.0 dan Web 3.0'
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgTt49SnxnxiN1mV-nq1hFrGik_yrdmH6yWI9d_RK7qyLjpf9iAdFqmwFq5xMYmw3DYQgBpMokD38JNnMTLNT8JFwZVdWJpZvomqNBUl5V1fiT3CF_LzVoz2QeVrfX523FSgHMSfr5s04e9/s200/web_1.0.jpg)
Web 1.0 masih
mengandalkan halaman statis dari tag-tag HTML sehingga
pengunjung hanya dapat mencari sesuatu atau yang sering disebut “searching” ,
dan melihat-lihat “browsing” informasi-informasi yang ada pada web, kita juga
tidak dapat memberi komentar apa- apa, karna web 0.1 tidak
mendukung aplikasi tersebut, dan jika kita ingin mendapatkan informasi dari web yang
inginkan kita kunjungi, user harus datang ke web tersebut. elemen yang biasa
digunakan dalam Web 1.0 adalah:Halaman statis, Tombol
GIF dan Framesets.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgl4nPlbxOy5zIneQMh28-ydJ1zLhaepMkMNvBc2a14tluJBzcCdyvcUqWjX3TUyOivL7wQtB2yGUZlCYf18BLsjagWiTT1aemLyWxLk5Boe_-JembMOhbZHQnPIqqGGkAIe_75D3Zk3dFa/s320/web2%252C0.jpg)
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj0kvZghtOVPi_4moZ1LAO4MwC8zIffEACVG_RFxE58t25gRPvnMeFVnR3MH9btTK3KvEkRPQJVKv1XxpU_38HokJeia_ihzSKefkX7nHg7z-_rtaadAd6nlORT892DMF-QQoULYvb4icvu/s200/web1web2pic.jpg)
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgB6qBNo2ahs_bp7CjcDr85bZsTQIQpbGUPV4_JBe9IRaNUr5_RfNp24wl_ABfqa6CThGOU5zuOK3IPH8R8ZRp9CQCQ9O-7eBoZTAjraaX-P91s73stoxk8CUtggswG4ni_IAmzIKdmm5ss/s200/web_2.0.jpg)
Web 2.0 muncul sekitar tahun 2003 atau
2004, dimana para pengguna website-pun dapat berkomunikasi 2 arah dan memiliki
berbagai kelebihan lainnya. Pada Web 2.0, sebagai pengunjung Anda
dapat melakukan kontribusi dan memiliki hak untuk read-write, di
mana Anda dapat berperan aktif pada website tersebut. Istilah “sharing” mulai
umum digunakan dalam konsep Web 2.0. Web 2.0 merupakan
revolusi bisnis di industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet
sebagai platform, juga merupakan suatu percobaan untuk memahami aturan untuk
mencapai keberhasilan platform baru.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhNTwjtkncYIoeEO8xugfgGJpp0CMzvC24oyyDB4stUDdwT5aBW4IgtoVYwrgker2Q3a_Wj5s6Qe2NPe0ppRFxJ8aIT7ih8V0wqf-Wt1RgdVLQ3iNlbluEm9ryL0d2hWWCcXaGVAVt3pE6M/s320/NLYF2_mXIEef-HaqPF-vhoXXXL4j3HpexhjNOf_P3YmryPKwJ94QGRtDb3Sbc6KY.jpg)
Web 3.0 adalah
generasi ketiga dari layanan internet berbasis web. Konsep Web 3.0 pertama
kali diperkenalkan pada tahun 2001, saat Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web,
menulis sebuah artikel ilmiah yang menggambarkan Web 3.0 sebagai
sebuah sarana bagi mesin untuk membaca halaman-halaman Web. Web 3.0 berhubungan
dengan konsep Web semantik, yang memungkinkan isi web dinikmati tidak hanya
dalam bahasa asli pengguna, tapi juga dalam bentuk format yang bisa diakses
oleh agen-agen software. Keunikan dari Web 3.0 adalah konsep
dimana manusia dapat berkomunikasi dengan mesin pencari. Kita bisa meminta Web
untuk mencari suatu data spesifik tanpa bersusah-susah mencari satu per satu
dalam situs-situs Web. Web 3.0 terdiri dari:
Ø
Web semantik
Ø
Format mikro
Ø
Pencarian dalam bahasa pengguna
Ø
Penyimpanan data dalam jumlah besar
Ø
Pembelajaran lewat mesin
Ø
Agen rekomendasi, yang merujuk pada kecerdasan buatan Web
|
3. Pertumbuhan
Ekonomi dan Sosial
Pertumbuhan
ekonomi adalah proses
perubahan kondisi perekonomian suatu negara secara berkesinambungan menuju
keadaan yang lebih baik selama periode tertentu. Pertumbuhan ekonomi dapat
diartikan juga sebagai proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian
yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional. Adanya pertumbuhan
ekonomi merupakan indikasi keberhasilan pembangunan ekonomi.
Perubahan sosial
merupakan perubahan-perubahan
yang terjadi pada lembaga-lembaga
kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang memengaruhi system sosialnya, termasuk nilai, sikap-sikap sosial, dan
pola perilaku di antara kelompok-kelompok
dalam masyarakat.
4. Web Science dan Metodologi
Web Science adalah
yang bermakna 2 arti yang berbeda, yaitu Web dan Science . Web, biasa dikenal
dengan Website, siapa sih yang ga kenal zaman sekarang yang
namanya Website ? saya yakin zaman sekarang sudah banyak
orang yang mengenal yang namanya Website ini .
namun, taukah kalian apakah Website atau Situs itu ? Website atau Situs yang sering kalian gunakan itu mempunyai
arti kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam
atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik
yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang
saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan
halaman (hyperlink).
Website pun juga mempunyai 2 sifat yang terkandung didalamnya, yaitu Sifat Statis, dan Sifat Dinamis.
- Sifat Statis disini maksudnya adalah apabila isi
informasi website tetap, jarang berubah, dan isi informasinya searah hanya dari
pemilik website. dan pengembangannya Website Statis hanya
bisa diupdate oleh pemiliknya saja.
- Dan Bersifat Dinamis apabila isi informasi website
selalu berubah-ubah, dan isi informasinya interaktif dua arah berasal dari
pemilik serta pengguna website. Contoh website statis
adalah berisi profil perusahaan, sedangkan website dinamis adalah seperti
Friendster, Multiply, dll. Dan Dalam pengembangannya Website Dinamis Bisa di Update Pengguna Dan
Pemiliknya..
Nah, sekarang tinggal mengartikan apa itu Science ? kalo
dari arti sesungguhnya Science itu adalah Ilmu. maksudnya, Science adalah segala sesuatu yang berhubungan
dengan sumber ilmu pengetahuan yang memberikan manfaat bagi kehidupan manusia
dan seluruh isinya. Dengan kata lain, science itu sendiri merupakan kumpulan
ilmu pasti yang memberikan makna tersendiri bagi yang mempelajarinya.
Oke deh.. kalian udah ngerti kan apa itu Web Science ? kalo
belum ngerti oke deh saya kasih kesimpulannya.. Kesimpulan Web Science yaitu segala sesuatu yang berkaitan
dengan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari sumber yang akurat dan dapat di
unduh dari dunia maya tanpa kita harus menuju ke sumber informasi yang ada di
informasi yang ingin kita cari, sehingga memudahkan kita untuk memperoleh
informasi.
Dalam web
science kita belajar bagaimana memberdayakan suatu sumber daya virtual sebagai
media komunikasi praktis. Dengan tampilan web yang menarik dan abtraktik agar
memunculkan minat orang banyak untuk membaca web tersebut.Contoh-contoh nyata
yang sudah diterapkan dapat dilihat pada bidang komersil atau bidang ekonomi,
bidang sosial dan bidang pendidikan.
Metodologi pada
Web Science akan dipengaruhi oleh perekayasaan yang berlatar belakang
industri maupun peneliti akademisi. Sehingga akan mengkombinasikan sintesis dan
analisis. Mempertimbangkan perkembangan Web yang membawa ke sisi
positif (seperti Peer to Peer) ataupun ke arah negatif (seperti phishing).
Kontribusi terhadap pengembangan adalah tujuan utama dari WebScience.Adanya
web science menekankan pada perkembangan Web itu sendiri dan
pengembangannya,mendukung untuk ubiquity, mobility, new media dan meningkatnya
jumlah data yang tersedia secara online, karena web bersifat sosial, maka
privasi harus dikedepankan.
Mungkin hanya sekian yang dapat saya sampaikan pada postingan kali ini, kurang lebih nya saya mohon maaf yaaak... :3 ... Jangan lupa tambahkan saya sebagai teman anda dan komen yak untuk postingan ini ... terima kasihh........
Tidak ada komentar:
Posting Komentar