Definisi Umum Bisnis, TIK, Informatika dan Bisnis
Informatika
Bisnis
berasal dari bahasa Inggris yakni business,
mengembangkan kata dasar busy yang
berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Jadi
bisnis bisa diartikan menjadi suatu kesibukan atau
aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan atau nilai tambah.
Dalam ilmu ekonomi, bisnis merupakan organisasi yang menjual barang atau jasa
kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba[1].
TIK adalah singkatan dari Teknologi Informasi Dan Komunikasi atau
jika dalam bahasa Inggris Information
and Communication Technologies, jika di singkat ICT dapat di artikan sebagai payung besar terminologi yang mencakup
semua peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan Informasi. Itulah
secara singkat mengenai pengertian teknologi informasi dan komunikasi[2].
Sedangkan Informatika
sendiri merupakan
disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun
informasi pada mesin berbasis komputasi. Disiplin ilmu ini mencakup beberapa
macam bidang, termasuk di dalamnya: sistem
informasi, ilmu komputer, ilmu informasi, teknik
komputerdan aplikasi informasi dalam sistem
informasi manajemen. Secara umum informatika
mempelajari struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai
untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta
menampilkannya dalam bentuk informasi. Aspek dari informatika lebih luas dari
sekadar sistem informasi berbasis komputer saja,
tetapi masih banyak informasi yang tidak dan belum diproses dengan komputer[3].
Jadi, Bisnis Informatika adalah sebuah kegiatan menjual
barang atau jasa yang diamana proses kegiatan ini didukung dengan teknologi
informasi. Teknologi yang saya maksud ialah media internet.
Pengertian tradisional tentang konsep "Bisnis Informatika" yaitu
sebagai interdisipliner disiplin, yang ditujukan untuk mempelajari struktur
informasi, operasi, proses, yang melekat pada bisnis dan mendukung otomatisasi
mereka[4].
Bukalapak
Salah satu contoh bisnis informatika
saat ini ialah e-commerce atau media jual-beli barang melalui media internet.
Untuk mengakses internet sendiri bisa melalui gadget seperti laptop maupun
handphone. Kembali lagi, contoh e-commerce yang saya ambil untuk bahasan kali
ini ialah Bukalapak. Bukalapak merupakan salah satu online marketplace
terkemuka di Indonesia yang menyediakan sarana jual-beli dari konsumen ke
konsumen. Semua orang dapat membuka toko online di Bukalapak dan melayani
pembeli di seluruh Indonesia untuk transaksi satuan maupun banyak.
Bukalapak memiliki slogan jual-beli
online mudah dan terpercaya karena Bukalapak memberikan jaminan 100% uang
kembali kepada pembeli jika barang tidak dikirimkan oleh pelapak. Visinya
sendiri ialah menjadi online marketplace nomor 1 di Indonesia dan misinya
adalah memberdayakan UKM yang ada diseluruh penjuru Indonesia.[5]
Menurut saya website dari Bukalapak sudah sangat bagus
disertai design serba merah yang tentunya menambah kesan mewah. Pada halaman
awal website ditampilkan menu-menu pilihan transaksi berbagai jenis mulai dari
isi pulsa, paket internet hingga memayar zakat profesi pun ada. Selain itu,
terdapat menu kategori yang tentunya akan sangat memudahkan para user untuk
mencari suatu barang yang dimaksudkan. Tidak hanya itu, dihalaman awal juga
menampilkan brand-brand produk apa saja yang mereka sediakan dan paling banyak
diminati oleh pembeli.
Pada halaman awal juga menampilkan
barang-barang apa saja yang memiliki potongan harga, tiket promo untuk
berbelanja dan informasi-informasi pendukung seperti bank apa saja yang
mendukung tahap pembayaran, keunggulan lainnya yang dapat ditemukan pada bagian
bawah halaman awal.
Diatas adalah pembahasan tentang
tampilan awal pada website Bukalapak, sekarang saya akan membahas tentang
tampilan yang ada dihandphone khususnya jenis android. Pada bagian awal
aplikasi hampir mirip dengan versi websitenya, yakni pengguna akan disuguhkan
dengan tampilan menu pencarian dibagian atas, lalu ada beberapa informasi
tentang potongan harga dengan waktu tertentu hingga voucher potongan harga. Lalu
dilanjutkan dengan kategori barang yang ada, brand terkenal yang banyak
diminati pembeli, produk-produk yang paling sering dilihat oleh pembeli, produk
yang sedang promo. Bagian bawah aplikasi terdapat menu-menu seperti home,
favorit, keranjang, trasnsaksi dan akun.
Kelebihan bukalapak menurut saya
adalah meskipun pengguna belum melakukan login, pada bagian awal halaman
website/aplikasi sudah menampilkan produk-produk mana saja yang memiliki promo,
mana yang paling sering diminati, dan produk-produk terbaru. Selain itu,
apabila pembeli telah membayar tagihan namun barang tak kunjung datang dengan rentan waktu yang
telah ditentukan oleh bukalapak, maka uang pembeli pun 100% dikembalikan kepada
pembeli tanpa potongan sedikit pun. Bukalapak juga memiliki akun rekening bersama
sendiri, sehingga pembeli tidak perlu takut kepada nomor rekening palsu yang
sering merugikan pembeli. Selain itu, bukalapak sangat mendukung penuh bagi UKM
dalam negeri. Penjual juga akan mendapatkan notifikasi via sms apabila terdapat
orderan yang masuk sehingga penjual tidak perlu repot-repot melayani pembeli
yang tidak serius, lalu penjual akan mendapatkan feedback positif otomatis
apabila pembeli tidak memberikan feedback dalam waktu tertentu, mendapatkan
uang dalam waktu 1x24jam setelah konfirmasi penerimaan barang dari pembeli, setiap halaman barang
pelapak telah melalui proses SEO (Search Engine Optimization) agar tampil lebih
unggul di mesin pencarian seperti Google dan lainnya, pelapak tidak perlu repot menghitung ongkos kirim karena
sistem akan otomatis menghitung ongkos kirim yang harus dibayar oleh pembeli, dan bukalapak terus membangun semangat kewirausahaan kepada pelapak
dan pembeli dengan memberikan tips dan trik jualan online[6].
Kelemahan bukalapak menurut saya mungkin pada aplikasinya yang menurut
saya tampilannya kurang menarik, dan jangka kompensasi untuk segala proses
terlalu lama, seperti batas konfirmasi pengiriman paket oleh penjual dan
lain-lain.
Perkembagan IT di Indonesia dan Global
Sekarang ini peranan IT dalam kehidupan manusia sudah semakin penting
karena seiring dengan perkembangan IT tersebut manusia banyak melakukan pekerjaannya
di depan konputer atau gadget lainnya untuk komunikasi. Namun hal tersebut juga
hars diimbangkan dengan kesadaran untuk menggunakan IT untuk kepentingan yang
positif, Oleh karena itu tidak sedikit juga para ahli IT yang menggunakannya
untuk kejahatan. Sehingga perkembangan IT di Indonesia sudah cukup berkembang,
tetapi belum dalam berbagai hal. Dan perlu adanya pengawasan dari pihak yang
berwenang agar dampak negatif dari IT dapat dikurangi.[7] Salah satu
kasus perkembangan IT di Indonesia yang negatifnya ialah kasus diretasnya
website resmi salah satu provider di Indonesia. Yang saya tahu, website
tersebut diretas karena pelayanan yang diberikan provider kurang memuaskan
sehingga orang yang meretas website tersebut mencurahkan sebagian besar keluhan
pengguna provider tersebut. Namun tidak lama website tersebut telah dipulihkan
kembali oleh piha provider.
Dan perkembangan
IT secara global sendiri saat ini sudah sangat berkembang, sebagai bukti saat
ini sudah banyak sekali sosial media yang tersedia. Selain sosial media, tersedia
juga penyimpanan awan atau yang lebih dikenal dengan cloud storage. Cloud storage
ini adalah salah satu tempat media penyimpanan yang tersedia pada jaringan
internet, sehingga kita tidak perlu banyak menyimpan file pada gadget kita.
Selain itu, games juga ikut berkembang konsolnya. Jenis konsol yang sangat
terkenal sekarang ialah virtual reality dimana cara penggunaan user akan diberi
alat seperti kacamata namun lebih besar dari kacamata yang semestinya. Lalu
biasanya akan diberi konsol tambahan seperti kursi, konsol pada tangan dan
kaki. Kelebihan konsol VR ini adalah user/gamer dapat merasakan sensasi games
terkesan sangat nyata.
PUSTAKA